BERSATU DALAMKASIH YESUS

Senin, 20 Agustus 2012

PERUMPAMAAN TENTANG HARTA TERPENDAM DAN MUTIARA YANG BERHARGA


AYAT BACAAN ( MAT 13 : 44-46 )

Hal kerajaan sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan oranag, lalu dipendamkennya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal kerajaan sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang ndah. Setelah ditemukanya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual sluruh miliknya lalu membeli mutiara itu. ( Mat 13 : 44-46 )
INILAH ARTI PERUMPAMAAN ITU

HARTA YANG TERPENDAM
Harta yg  terpendam itu DITEMUKAN oleh orang yg bekerja di ladang. Dan setelah menemukannya kehidupannya diubahkan, ia begitu BERSUKACITA dan pergi menjual segala miliknya demi untuk mendapatkan harta terpendam itu, sebab itu melebihi nilai dari semua yg ia miliki. Lalu apa yg dimaksud dengan harta yg terpendam? Itu tidak lain menunjuk pada KESELAMATAN.  Kita bersyukur pada Tuhan buat keselamatan yg IA berikan.  Keselamatan adalah kasih karunia, itu berarti kita tidak bisa membelinya dan kitapun tidak mampu membelinya, itu sebabnya Yesus harus datang ke dunia untuk memberikan itu pada kita. Tuhan telah menyatakan KASIH KARUNIA kepada kita yg TIDAK PANTAS MENERIMANYA, maka seharusnyalah kita menghargai keselamatan itu, harta yg  amat berharga itu.
 Kita semua memiliki harta ini,  tapi seringkali kita melupakan betapa bernilainya harta tersebut. Hal menyedihkan adalah seorang Kristen menukarkan iman-nya  dengan dunia, org demikian tidaklah mengerti betapa berharganya keselamatan yg  sudahTuhan berikan pada mereka. Tetapi dalam perumpamaan ini, orang yg menemukan harta itu, ia menyadari betapa berharganya harta itu bahkan jauh melebihi dari seluruh harta miliknya sehingga ia rela menjual seluruhnya demi untuk mendapatkan yg jauh lebih bernilai, itulah harta  terpendam yg sdh ditemukannya. Sama halnya dengan keselamatan yg Tuhan berikan yg jauh lebih berharga dari semua yg kita miliki.
Berdasarkan proposisi “Kerajaan Surga sama seperti harta terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi, karena sukacitanya, dia pergi menjual seluruh miliknya dan akhirnya membeli ladang itu”. maka pesan perumpamaan adalah orang percaya seharusnya menyadari bahwa Kerajaan Surga adalah harta yang paling berharga di dalam hidup. Inilah seharusnya menjadi visi bersama seluruh umat Allah. Dan ketika itu telah betul-betul disadari oleh seluruh umat, maka tindakan-tindakan selanjutnya pasti akan mengikuti. Untuk Kerajaan Surga tidak ada yang tidak rela dilakukan atau dikorbankan. Bagaimana bentuk atau bukti kalau Kerajaan Surga adalah yang terpenting? Salah satunya adalah pengurbanan finansial. Seorang umat yang berkurban finansial membuktikan bahwa Kerajaan Surga tidak hanya merupakan prioritas utama dalam hidupnya, juga menyatakan Kerajaan Surga lebih bernilai dari segala sesuatu yang dimilikinya (Mat 6:24). Pemilikan Kerajaan Surga menyebabkan kekayaan, harta dan properti dan segala sesuatunya menjadi tidak atau kurang berharga. Kalau kita lihat peristiwa orang muda kaya dalam Mat 19:16-22 merupakan ilustrasi konkrit tuntutan penyerahan finansial untuk memiliki Kerajaan Surga. Bentuk pengurbanan lain adalah keluarga (10:37; 19:29) bahkan nyawa sendiri (10:39). Seorang umat adalah orang yang mengutamakan Kerajaan Surga di atas segala-galanya. Tidak ada yang lebih berharga dan terutama dalam hidup kecuali Yesus dan Kerajaan-Nya. Relasi umat dan Kerajaan Surga menentukan relasi dengan materi, keluarga dan diri sendiri.

MUTIARA YANG BERHARGA
Pada zaman Yesus dan para Rasul, mutiara sangat diminati. Pedagang-pedagang harus pergi ke Laut Merah, Teluk Persia, dan juga ke India untuk mendapatkan mutiara. Mutiara yang rendah mutunya berasal dari Laut Merah; mutiara yang berasal dari Teluk Persia, pesisir Sri Lanka dan India lebih bagus mutunya. Seorang pedagang harus mengadakan perjalanan di dalam pencariannya untuk mendapatkan mutiara yang lebih besar dan lebih baik.
Orang yang digambarkan oleh Yesus, sedang mencari mutiara yang baik. Kita tidak mengetahui berapa jauh dia telah mengadakan perjalanan, tetapi pada hari yang ditentukan dia menemukan sebuah mutiara yang istimewa yang bernilai besar. Bagi dia, penemuan ini merupakan sebuah kesempatan di dalam kehidupannya. Dia tidak akan bahagia sampai mutiara tersebut menjadi miliknya. Dia mempertimbangkannya kembali, membuat semua kalkulasi, mengevaluasi kekayaannya, dan memutuskan untuk menjual semua miliknya supaya bisa membeli satu mutiara yang sempurna.
Pedagang tersebut tidak merundingkan pencarian mutiara yang sempurna itu dengan pencari mutiara yang lain, karena dia mencari mutiara melalui jalur yang biasa dilakukan. Pada waktu itulah dia menemukan mutiara yang terbaik yang belum pernah dilihatnya. Seperti orang yang menemukan harta terpendam, pedagang itu tiba-tiba menemukan mutiara. Dia harus segera memutuskan untuk menjual semua harta dan membeli ladang tersebut atau dia tidak akan pernah mendapatkan mutiara itu. Seorang pedagang yang serius, sementara dia membuat transaksi, dia tidak akan memalingkan wajahnya. Bila mutiara tersebut menjadi miliknya, dia akan merayakannya.
 Lalu siapakah  mutiara yg amat berharga itu ? YESUS  ! Yesus  bagaikan mutiara yg sangat berharga yg dicari oleh orang-orang yang menyadarinya.
ibadah, dalam doa dan dalam Firman, maka pastikan kita akan menemukan mutiara yg indah dan berharga itu, itulah YESUS, permata hati kita.
Kristuslah yang menawarkan harta terpendam dan mutiara bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan di dalam kehidupannya. Beberapa orang sedang meneliti. Beberapa lagi sedang mengembara. Tiba-tiba mereka bertemu dengan Yesus dan menemukan harta terpendam yang tidak ternilai di dalam Dia. Salah satu respons mereka terhadap Yesus adalah penyerahan diri secara total. Mereka menjual semua yang mereka miliki dengan penuh sukacita supaya memiliki Yesus. Tentu saja, keselamatan adalah penuh, cuma-cuma, serta tidak dapat dibeli. Amen!!

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jika saudara merasa diberkati silahkan tinggalkan pesan.....
dan jangan lupa jempolnya ok ...... :)

 

KASIH YESUS Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template